Usaha Olahan Sukun, Alternatif Bisnis Cerdas


Usaha olahan sukun berasal dari bahan makanan yang sudah akrab di telinga masyarakat Jawa. Buah sukun yang biasanya dimasak dengan itu-itu saja ternyata bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan bernilai ekonomis.

Nama latin dari buah sukun ialah Artocarpus altilis. Ia adalah buah yang tersedia melimpah di pasaran. Sayangnya, permintaan akan buah ini tidak terlalu banyak. Umumnya buah ini cuma diolah atau dimasak dengan cara direbus, digoreng ataupun dibuat keripik. Bahkan bisa dikatakan bahwa buah ini memiliki kesan makanan desa.

Ternyata sukun bisa diolah menjadi tepung sukun. Dari tepung ini nantinya bisa dibuat aneka makanan ringan, kue dan jajanan yang lezat. Tepung sukun bisa diolah menjadi kue lezat masa kini seperti donat, pukis, pizza, muffin, roti bolu, brownies serta beraneka kue kering lain. Makanan-makanan ini tentu memilki nilai ekonomis yang tinggi bukan jika dibandingkan dengan sukun rebus atau sukun goreng?

Buah lokal Indonesia ini pemanfaatannya masuh belum maksimal. Ia hanya dimakan sebagai makanan camilan orang tua. Kaum muda belum banyak yang menyukai buah satu ini. dengan pengolahan yang tepat maka buah sukun bisa menjadi alternatif makanan lezat yang bisa dijadikan sebagai usaha. Dari dua kilogram tepung sukun bisa dihasilkan sekitar 200 produk makanan seperti kue kering, bolu, muffin, pukis, brownies, donat. Kue kering tersebut satu bijinya bisa dijual dengan harga Rp 1500 sampai Rp 50 ribu setiap potong.

Usaha ini memang tergolong baru bahkan bisa dibilang masih sangat jarang orang yang menjadikannya sebagai alternatif bisnis. Namun, beberapa pengusaha yang merintis usaha ini bisa dibilang sukses karena banyak disukai oleh para konsumen. Walaupun begitu, usaha yang belum begitu berkembang ini sementara masih menjualnya dengan sistem pemesanan. Penyebaran leaflet serta membuka pemesanan bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya melalui jejaring sosial. Zaman yang semakin canggih membuat para pelaku bisnis semakin mudah dalam memasarkan produknya. Tinggal bagaimana kreatifitas Anda dalam memasarkan produk yang telah dibuat.

Usaha olahan sukun yang masih belum banyak yang melirik ini bisa Anda jadikan referensi jika ingin membuka sebuah usaha. Tertarik untuk membuatnya?