Hewan kurban, Bisnis Musiman yang Menjanjikan


Bulan syawal telah tiba. Maka sebentar lagi idul adha juga akan tiba. Itu artinya banyak orang akan mencari hewan kurban entah itu sapi atau kambing. Pernahkah Anda berfikir bahwa hewan kurban bisa menjadi bisnis musiman yang menjanjikan?
Memulai bisnis ini memang memerlukan modal yang besar namun hal itu sebanding dengan keuntungan yang akan diperoleh hingga berlipat-lipat. Karena pada saat musim kurban tiba maka banyak orang yang berbondong-bondong untuk mencari hewan kurban. Bisnis ini bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan yang dapat menambah penghasilan Anda.
Menjelang hari raya peningkatan permintaan hewan kurban meningkat drastis. Inilah yang menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Dari dinas peternakan, terjadi kenaikan dari tahun 2008 kebutuhan rata-ratanya 7,5 % menjadi 11,5 % pada tahun 2009. Lalu pada tahun 2010 menjaud 15 % dan naik lagi menjadi 12,5 % pada tahun 2011.
Bisnis hewan kurban tidak hanya penjualan namun juga telah banyak inovasi yang dilakukan. Hal ini patut dijadikan rujukan dalam mencari keuntungan yang lebih. Mulai dari jasa dalam pembelian, pemotongan hewan kurban hingga jasa untuk membagikan daging kurban pada masyarakat. Konsumen tentu akan sangat senang dengan adanya inovasi fasilitas jasa ini.
Prospek dari bisnis musiman yang menjanjikan ini sesuai dengan fakta yang ada. Bahwa di lapangan diperlihatkan bahwa rata-rata pertumbuhannya sebesar 2,7 persen setiap tahun. Karena dari statistik dari peternakan sejak tahun 2001 hingga tahun 2011 mengalami peningkatan yang cukup pesat yakni sebesar 32,4 persen. Bisa dikatakan, ketersediaan kambing dan sapi potong yang ada di Indonesia tumbuh subur serta mempunyai potensi bisnis yang sangat menjanjikan.
Pada saat menjelang hari raya idul adha permintaan akan hewan kurban baik itu sapi potong maupun kambing meningkat dari 5 hingga 20 persen. Potensi yang luarbiasa ini bisa dimanfaatkan dalam mengembangkan usaha hewan kurban baik itu pada penjualan maupun dalam penyalurannya. Karena itulah tidak mengherankan jika bisnis hewan kurban disebut sebagai bisnis musiman yang menjanjikan. Tertarik untuk mencobanya?