Lonjakan Tajam Permintaan Bibit Durian Bawor

Usaha kecil menengah patut berbangga dengan adanya usaha durian. Pasalnya, kini semakin banyak penikmat durian yang berakibat lonjakan tajam permintaan bibit durian bawor. Sehingga permintaan bibit durian semakin banjir dan laris manis.


Durian bawor merupakan salah satu durian dengan kualitas yang unggul. Usaha bibit durian pun kini semakin ramai. Di Banyumas terdapat sebuah usaha yang bergerak dalam bidang budidaya durian bawor. Ia melayani permintaan bibit durian. Bahkan, kini untuk memenuhi di pasar domestic saja telah melonjak drastis. Di hari-hari biasa, biasanya permintaan akan bibit durian ini dalam sebulan rata-rata sekitar 500 bibit. Namun saat ini telahmelonjak naik menjadi 5000 bibit dalam setiap bulan.

Dari penuturan seorang pengurus paguyupan petani bibit unggul di kecamatan Kemrajen. Dikatakan bahwa sejak dua bulan terakhir ini banyak sekali pembeli yang berasal dari luar daerah. Mereka datang ke sentra produksi dari durian ini untuk membeli bahkan memborong bibit durian yang memiliki kualitas unggul. Pemasaran bibit durian ini bahkan telah sampai ke seluruh Indonesia dari sabang hingga ke merauke. Pesanan juga banyak dari Jawa Timur serta Jawa Barat.

Durian memang memiliki rasa yang nikmat dengan aroma khas yang harum. Penikmat durian pun sangat banyak dari anak-anak hingga orangtua. Permintaan bibit pohon durian ini terjadi paling banyak pada saat musim panen dan musim hujan. Pada umumnya, sebelum membeli bibit pohon durian, mereka akan terlebih dahulu membeli duriannya. Stelah menikmati kelezatan durian bawor yang terkenal itu, para pembeli biasanya akhirnya tertarik untuk membeli bibitnya dan mengembangkan sendiri didaerahnya masing-masing dengan jumlah yang banyak. Untuk mengantisipa adanya kelonjakan konsumen maka petani biasanya telah menyiapkan banyak stok di jauh-jauh hari sebelum masa panen tiba. Ini dikarenakan proses pembuatan bibit membutuhkan waktu yang lama yakni sekitar 1-2 bulan. Harga bibit durian sangat bervariasi. Tergantung dari ukurannya. Harga yang dibandrol mulai dari Rp 50.000 ribu hingga Rp 1 juta setiap batang bibit.

Lonjakan tajam permintaan bibit durian bawor ini sangat wajar karena rasa durian bawor memang sangat lezat. Ia memiliki ukuran yang sangat besar dengan daging yang manis dan empuk namun bijinya kecil dan kempes.