Majunya geliat usaha di kampoeng ilmu Surabaya

Saat berkunjung di kota Surabaya, kini tak lengkap jika tidak mengunjungi kampoeng ilmu yang ada di Surabaya. Kini terlihat geliat usaha di kampoeng ilmu. Ia menjadi pusat penjualan buku baik itu buku bekas maupun baru.


Lahan seluas 2.500 meter persegi ini memberikan banyak pelayanan baru bagi pecinta buku yang ada di Surabaya serta daerah di sekitarnya. Kampoeng ilmu berlokasi di jalan Semarang. Disana terdapat banyak sekali beragam buku dari para penjual yang ada di kios-kios di tempat itu. Tentunya bagi pecinta buku disinilah surganya. Tahun 2008 lalu tempat ini diresmikan. Dulunya kondisi tempat ini tidak sekomplit dan sebagus sekarang. namun berkat adanya dukungan dan kepedulian dari seluruh pedagang yang mengadakan kerja bakti secara rutin, kini tempat in isudah bagus. Kerja bakti yang dilakukan sejak tahun 2010 tersebut berhasil menyulap tempat ini menjadi tempat wisata. Banyak sekali pengunjung dari berbagai kalangan. Semuanya pencinta buku yang menjadi langganan di tempat ini.

Koleksi buku di kampoeng ilmu sangat lengkap namun bukan itu saja, suasana di tempat itu juga asri dan bersih. Hal ini membuat para pengunjung menjadi nyaman untuk memilih dan membaca buku. Lokasi kampoeng ilmu dilengkapi dengan adanya pendopo yang ada di bagian tengah. Hal ini berfungsi agar pengunjung lebih mudah untuk berdiskusi maupun hanya untuk duduk santai dan membaca. DI lantai dua terdapat perpustakaan umum. Ketika memilih dan membaca buku tentunya akan merasa haus dan lapar. Tidak perlu khawatir karena disini kita juga bisa pesan minuman dan makanan yang ada di kantin berada di sebelah pendopo.

Pedagang di kampoeng ilmu ini terlihat sangat kompak. Karena itu kita tidak perlu heran jika pengunjung wisata kampoeng ilmu ini berasal dari berbagai daerah seperti Lamongan, Gresik, Bojonegoro serta Madura dan Sidoarjo. Bahkan pengunjungnya juga ada yang berasal dari luar pula seperti Sumatera dan kalimantan.


Geliat usaha di kampung ilmu ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk membuat usaha seperti ini di daerah lain ataupun dengan menjual produk lain. Semoga semangat wirausaha dari pedagang di kampoeng ilmu Surabaya ini bisa tertular juga pada Anda.