Skill Marketing Yang Wajib Dipunyai Pelaku UKM

Seorang pelaku usaha atau pengusaha, tentu kita akan dituntut untuk dapat berkreasi dan menciptakan sebuah usaha yang unik. Selain itu juga wajib memiliki suatu kemampuan khusus untuk memasarkan produknya. Pemasaran merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh pengusaha. Ia menjadi sebuah pemegang peranan yang sangat penting dalam kesuksesan usaha. Namun jika tidak didukung oleh strategi pemasaran yang bagus maka bisnis itu bisa tidak berkembang serta omset yang didapat pun menjadi tidak maksimal.

Karenanya skill Marketing yang wajib dipunyai pelaku UKM harus juga diutamakan. apa saja itu?


Pertama, ciptakanlah sebuah usaha yang memiliki daya tarik sendiri bagi para pelanggan atau konsumen. Pada saat Anda membidik target untuk menjadi konsumen Anda, maka yang harus dilakukan selanjutnya ialah memberi umpan balik yang sangat menarik, unik dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen. Contohnya saja ketika Anda membidik para ibu rumah tangga untuk menjadi konsumen, maka kita harus tahu apa saja kebutuhan mereka. Biasanya ibu-ibu rumah tangga akan mencari barang kebutuhan pokok rumah tangga. Karenanya kita perlu menyediakan segala macam kebutuhan pokok y ang memiliki daya saing yang tinggi, bisa juga memberikan diskon yang besar untuk menarik pelanggan. Kunci utamanya ialah berikan sebuah solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh para konsumen agar mereka selalu mencari Anda.

Kedua, ialah dengan menguatkan komunikasi untuk membangun sebuah loyalitas dari konsumen. Keahlian yang satu ini memang sangat penting bagi siapa saja. Termasuk juga pengusaha. Komunikasi jua memegang peranan penting bagi pelaku pasar. Adanya hubungan komunikasi yang bagus bisa membuat kedekatan dengan konsumen yang dapat bertahan sampai waktu yang relatif lama. Maka mereka pun tidak akan segan bisa mencari barang yang dibutuhkan kepada Anda. Mereka juga akan makin loyal terhadap produk-produk Anda.

Ketiga, jadilah seorang ahli. Meyakinkan seorang calon pembeli atau konsumen serta untuk menuntaskan sebuah pemasaran dengan baik maka berusahalah untuk menjadi orang yang ahli dibidang tertentu. Hal ini dilakukan sebelum menjual jasa atau produk pada calon pembeli. Konsumen akan percaya dengan Anda jika produk yang ditawarkan memang berasal daro seorang yang ahli.

Skill Marketing yang wajib dipunyai pelaku UKM ini penting dan wajib diketahui. Apalagi jika Anda berminat untuk menjalankan bisnis UKM.

Sumber gambar : data-tekno.blogspot.com