Strategi Bisnis yang Harus Dihindari Oleh Pengusaha

Mengalami suatu kegagalan saat menjalankan sebuah usaha pasti menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi pengusaha. Di dalam berbisnis pasti ada lika liku berbatu krikil yang menghadang. Hal ini tentu saja memaksa untuk dapat memilih strategi bisnis yang harus dihindari oleh pengusaha. Agar tidak masuk ke dalam lubang kegagalan lagi. Berikut ini dipaparkan mengenai strategi bisnis tersebut.



Membelanjakan anggaran secara konsumtif

Pada saat mengawali usaha, ada kalanya pengusaha cenderung semangat dalam berbelanja. Tidak heran jika modal awal menjadi membengkak. Padahal sebenarnya modal tersebut bisa diminimalisir. Akibatnya akan terjadi over budget dalam membelanjakan perlengkapan bahan baku yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan di awal usaha.

Gegabah untuk mengambil hutang

Para pengusaha pemula biasanya cenderung lebih gegabah dalam mengambil hutang. Hal ini bisa menjadi pilihan yang kurang begitu tepat jika bisnis yang dijalankan masih belum begitu lancar. Karena dengan mengambil pinjaman dari bank maupun lembaga keuangan lain pada saat memulai usaha baru akan membebani Anda. Hal ini akan semakin membebani jika omset yang didapat juga belum pasti.

Strategi pemasaran cederung dikesampingkan

Pada saat merintis usaha, pengusaha cenderung lebih fokus pada produk yang dihasilkan. Tidak mengherankan jika ia memproduksi sebanyak-banyak dibandingkan dengan berfikir tentang strategi pemasaran. Keadaan ini akan membuat pengusaha sulit dalam memasarkan produknya. Sehingga banyak kita temukan pelaku UKM yang terus berproduksi namun kesulitan dalam memasarkan produknya. Karena itu penting juga untuk menguasai strategi pemasaran agar produk yang dihasilkan mudah untuk dipasarkan.

Kurangnya profesionalitas saat menjalankan usaha

Walaupun bisnis yang dirintis masih tegolong kecil, namun penting juga untuk bersikap profesional dalam menjalankan usaha. Sebaiknya urusan pribadi dengan urusan pekerjaan dipisah. Begitupun dengan keuangan, sebaiknya antara keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan di pisah. Pastikan juga Anda cerdas membagi waktu antara keluarga dan waktu kerja.

Semoga artikel singkat tentang strategi bisnis yang harus dihindari oleh pengusaha ini bermanfaat bagi Anda para pembaca baik itu yang pengusaha maupun bukan.