Tips Jitu Mengelola Usaha Bersama Pasangan

Sebuah pilihan untuk terjun dalam sebuah usaha dengan pasangan, kini banyak dijadikan alternatif dalam berbisnis. Kekompakan yang dimiliki dalam menjalin hubungan dalam berumah tangga akan lebih memudahkan dalam hal berkomuniksai serta menjadi mitra dalam usaha yang digeluti. Berikut ini akan kami bagi beberapa tips jitu mengelola usaha bersama pasangan.



1. Membuat Jobdesc
Kejelasan pembagian jobdesc diantara pasangan akan mampu meningkatkan produktifitas serta efisiensi dari bisnis yang sedang dirintis berdua tersebut. Karena itu bagi tugas secara adil dan sesuai dengan kemampuan. Misalnya siapa yang memegang urusan keuangan, siapa yang memantau proses dari produksi, siapa yang fokus pada strategi pemasaran dll. Hal-hal tersebut penting untuk diperhatikan. Karena dengan adanya jobdesc yang jelas disaat masalah dalam bisnis bersama datang akan bisa dihindari dan diatasi.

2. Tetap mengutamakan peran keluarga
Saat memutuskan untuk merintis sebuah usaha bersama, maka pastikan juga tugas-tugas Anda di dalam rumah tangga tidak terabaikan dan mampu diselesaikan secara seimbang. Hal ini penting, karena apabila tugas ibu di rumah menjadi keteteran dan tidak terselesaikan dengan baik disebabkan oleh bisnis yang sedang dijalani, akan berakibat pada keretakan dan ketidakharmonisan dalam rumah tangga.

3. Memisahkan ruang keluarga dengan usaha
Walaupun bisnis yang sedang Anda jalani berdua itu usaha yang ada di rumah. namun sebaiknya antara ruang keluarga dan ruang usaha perlu untuk dipisahkan. Ini penting untuk menjaga kenyamanan setiap anggota keluarga. Selain itu dengan memisahkan ruang keluarga dan ruang usaha bisa memaksimalkan pekerjaan. Karena fokus dengan fungsinya masing-masing.

4. Menghilangkan ego
Walaupun terlihat sepele namun hal ini juga perlu diperhatikan untuk  menjaga usaha. Karena walaupun sudah menjadi pasangan suami istri namun adakalanya manusia mempunyai ego yang tidak bisa berjalan beriringan. Jadi, untuk mengantisipasi hal ini perlu adanya pengurangan rasa egois diantara keduanya. Menerima kritik serta saran dari pasangan juga perlu diberikan agar usaha ini bisa menjadi sukse.


Adanya pembagian kompensasi serta tugas yang jelas maka merintis binis dengan pasangan bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan pendapatan di tiap bulannya. Tetap maju dan sukses UKM Indonesia.! Demikian tips jitu mengelola usaha bersama pasangan dari kami.


Sumber gambar : passionmagz.com