Tips Memulai Bisnis Makanan Ringan

Tips Memulai Bisnis Makanan Ringan - ukmpedia.blogspot.com. Memulai sebuah bisnis memang gampang-gampang susah. Dikatakan demikian karena dibutuhkan ketekunana dan ketelitian untuk membentuk sebuah bisnis baru. Terlebih untuk bersaing dengan bisnis-bisnis lain yang telah lebih dahulu berdiri. Dan pada postingan kali ini kita akan membahas tips memulai bisnis makanan ringan, cocok sekali bagi anda yang ingin memulai usaha kecil menengah rumahan secara mandiri.

bisnis makanan ringan

Bagi anda yang ingin memulai bisnis makanan ringan, berikut adalah tips memulai bisnis makanan ringan yang saya adaptasi dari langkah-langkah Stephen Hall, seorang penulis buku "kitchen to market".

Mengintip Peluang
Hal pertama yang paling penting adalah mengintip peluang atau menciptakan sendiri peluang agar produk kita dapat diterima. Kita bisa melihat lingkungan sekitar kita dan perhatikan apa yang menjadi makanan favorit masyarakat sekitar. Atau bagi anda yang senang berinovasi kita bisa memperkenalkan produk baru yang memang belum pernah dipasarkan di masyarakat sekitar kita. Hal tersebut dapat menarik minat konsumen untuk mencobanya.

Coba Penguji Rasa
Rasa adalah hal terpenting dalam sukses atau tidaknya pemasaran makanan. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui kita bisa meminta tolong ibu-ibu arisan misalnya untuk menyicipi makanan kita sekaligus sebagai perkenalan. Bisa jadi jika rasa sesuai dengan selera mereka, mereka akan dengan senang hati menjadi langganan anda.

Survei Harga
Persaingan harga menjadi faktor kedua yang menjadi pertimbangan para konsumen. Biasanya konsumen tidak akan memilih produk yang harganya lebih mahal, namun juga tidak terlalu murah karena bisa saja mereka menganggap produk makanan kita tidak berkualitas. Coba seimbangkan antara kualitas dengan harga tentu dengan mensurvei harga yang ada dipasaran.

Belajar Beriklan secara Percuma
Pada tahap ini luasnya pertemanan anda akan sangat mempermurah biaya pengiklanan produk anda. Untuk bisnis makanan ringan yang masih berada di segmen rumahan, iklan berantai dari mulut ke mulut sangatlah efektif. Jagalah kepuasan pelanggan tetap anda karena dia bisa menjadi biro marketing yang sangat efektif.

Merincikan Rencana Bisnis
Sebaiknya anda merincikan rencanan binsis makanan ringan yang anda geluti dengan baik. Hal ini sangat penting mengingat banyak sekali bisnis yang gulung tikar karena tidak ada perencanaan yang matang. Buatlah rincian biaya serinci mungkin agar keuntungan anda tetap dapat dikontrol dengan mudah.

Demikianlah tips memulai bisnis makanan ringan versi ukm pedia. Semoga bermanfaat.