Tips Usaha Budidaya Belut

Belut adalah salah satu bahan makanan yang banyak digemari orang. Karena itu banyak pula yang menjadikannya sebagai salah satu peluang usaha. Diperlukan pengetahuan yang dalam untuk bisa membibitkan belut. Hal ini berkaitan erat dengan pemilihan jenis belut yang bisa dijadikan sebagai indukan. Karena itulah tips usaha budidaya belut perlu untuk diketahui.



Belut termasuk hewan yang unik. Ia bisa berganti kelamin setelah melakukan hubungan seksual. di awal hidupnya, belut memiliki jenis kelamin betina. Namun apabila ia telah siap untuk melakukan pembuahan lalu terjadilah proses perkawinan dengan induk jantan, maka ia akan menetaskan telurnya. Setelah rangkaian proses itulah, akhirnya ia berubah kelamin menjadi belut jantan. Ada juga belut yang tidak berubah alat kelamin setelah menetas. Nah, belut ini disebut sebagai belut banci.

Mengetahui ciri-cri belut yang telah siap kawin dan dijadikan sebagai indukan adalah hal penting. Belut yang telah siap menjadi induk ialah belut yang telah berumur 3 hingga 5 bulan, dilihat dari cara bergeraknya ia cenderung agresif dan lincah. Tubuhnya pun keras, mulus, bersih dan tidak terdapat luka. Sedangkan untuk mengetahui belut jantan bisa dilihat dari kepalanya yang tumpul. Memiliki panjang lebih dari 30 cm dengan ekor yang kurang lancip serta umurnya lebih tua yakni lebih dari 7 bulan.

Belut mempunyai ciri yang khas saat melakukan perkawinan. Biasanya pada tahap awalnya, belut yang telah dewasa akan melakukan penjajakan. Mereka saling melihat dan bergerombol. Biasanya belut betina mencari belut jantan agar bisa membuahi telurnya yang telah siap dikeluarkan. Di waktu itulah mereka akan saling menemukan pasangannya sesuai dengan selera masing-masing. Pada umumnya pasangan belut memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda, walaupun tubuh jantan lebih besar daripada tubuh sang betina. Biasanya belut mampu bereproduksi lebih dari sekali di dalam satu siklusnya. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kesuburan dari induk betina.


Itulah tips usaha budidaya belut yang bisa Anda coba.