Usaha Budidaya Ternak Jangkrik

Saat ini ternak burung sedang marak di masyarakat. Pecinta burung dari tahun ke tahun pastinya juga bertambah. Sehingga permintaan pakan burung pun juga meningkat. Karena itu memulai bisnis pakan ternak burung salah satunya ialah ternak jangkrik bisa dijadikan sebagai peuang usaha yang menarik. Hal ini karena memang dipasaran permintaan akan jangkrik juga terus saja meningkat.


Banyak daerah yang kekurangan pasokan jangkrik untuk dijadikan pakan burung. Karena itulah usaha budidaya ternak jangkrik menarik untuk dikembangkan.

Tips dalam memulai usaha ini ialah mengetahui langkah-langkah bagaimana cara ternak jangkrik. Di tahap awal Anda harus menyiapkan kandang jangkrik. Saat kandang jangkrik sudah siap, yang perlu diperhatikan ialah bagaimana caranya agar jangkrik tidak sampai dimangsa oleh hewan lain. cara mudah yang bisa dilakukan ialah selalu mengontrol kondisi serta pertumbuhan dari jangkrik di tiap waktu. Kandang juga harus dibuat yang nyaman. Pastikan juga sirkulasi udara pada kandang bagus. Kandang juga dibuat supaya mudah saat memanennya. Ingat, jangan biarkan langsung terkena paparan sinar matahari.

Lokasi ternak jangkrik sebaiknya pilih lokasi yang tenang, nyaman, teduh serta ada sirkulasi udaranya. Jangan membuat lokasi peternakan jangkrik di tempat yang dekat dengan kebisingan seperti jalan raya atau pasar. Hindari juga hama pemangsa sepert cecak, laba-laba, kadal, kucing atau ayam. Anda tidak mau kan, sudah susah payah beternak jangkrik, tapi ternyata malah dipanen hewan lain. Usahakan juga untuk memonitor kandangnya setiap hari.
Membuat kotak penetasan juga tidak bisa sembarangan dilakukan. Ukuran yang ideal ialah (50x30x20)cm. Ukuran kotak ini bisa menampung hingga satu sendok dari telur jangkrik. Kira-kira berisi sekitar 2500 hingga 300 butir.
Media yang dipakai bisa menggunakan kain yang dipotong dengan ukuran 25 cm x 25 cm. Sementara itu, untuk alat yang dipakai ialah sebuah wadah plastik yang dipakai untuk meletakkan kain. Sediakan juga semprotan air yang berukuran kecil. Selain itu juga bisa menggunakan media pasir.
Itulah usaha budidaya ternak jangkrik yang bisa Anda jalankan, sebagai bisnis yang memiliki pangsa pasar yang lumayan bagus.

Sumber gambar : carabeternak.com