Tips Pemeliharaan Budidaya Pisang Sebagai Peluang Usaha

Pisang merupakan buah yang banyak diminati orang. Banyak dijumpai di berbagai tempat. Biasanya ia hidup di halaman depan maupun belakang rumah. Ada pula yang menanamnya di sawah atau kebun. Buah satu ini memang memiliki banyak jenis, mulai dari pisang raja hingga pisang emas yang berukuran kecil. Selain itu ia juga bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti pisang goreng, kolak, keripik, sale, gethuk dan berbagai makanan olahan lainnya. Pisang bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Pasalnya banyak orang yang menyukai pisang.

Berikut ini kami bagi tips pemeliharaan budidaya pisang sebagai peluang usaha.


Pemeliharaan pisang memang cukup mudah. Beberapa poin penting dalam pemeliharaannya ialah dilakukan penjarangan untuk mendapatkan hasil yang baik. Pemotongan anak pisang bisa dilakukan dengan sedemikian rupa sehingga di dalam satu rumpun pisang hanya terdiri dari 3 sampai 4 pohon pisang yang memiliki beda umur. Selain penyiangan juga perlu dilakukan. Rumput di sekitar pohon harus dibersihkan untuk menumbuhkan anak serta induk pohon pisang yang baik.


Kebersihan tanaman pisang ini juga perlu dijaga. Daun-daun yang telah mongering sebaiknya dibersihkan. Selain itu sama halnya dengan tanmanan yang lain, pisang juga perlu untuk dipupuk. Kebutuhan pisang akan kalium cukup besar. Pemupukan dilakukan harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan tanaman dan buah baik.

Pisang juga bisa tumbuh subur dengan diberi pengairan serta penyiraman yang terjaga. Diantara barisan pisang dibuatkan parit untuk dipakai sebagai pengairan. Pemberian mulsa yang tepat sangat penting dilakukan. Fungsinya ialah untuk mengurangi adanya penguapan air serta bisa menekan gulma. Pemberian mulsa dilakukan dengan memberi daun kering atau yang basah di sekitar tanah yang dirumbuhi rumpun pisang. Namun pemberian mulsa ini jika dilakukan terus akan berakibat pada akar tanaman yang menjadi dangkal. Sehingga pemasangan mulsa tidak boleh terus menerus. Selain itu pemotongan jantung pisang harus dilakukan untuk mencegah terhambatnya pertumbuhan buah.

Itulah beberapa tips pemeliharaan budidaya pisang sebagai peluang usaha. Semoga bemanfaat bagi kelangsungan usaha Anda.


 Sumber gambar : khasiatbuahpisang.blogspot.com