SBY Berharap Pengusaha Muda Terus Tumbuh

Pengusaha-penguasa yang masih berusia muda dengan talenta berbisnis yang unik. Mereka itulah yang sangat dibuhkan negara ini untuk pembangunan perekonomian ke depan. Para pengusaha muda di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK), dapat berperan serta dalam pembangunan negeri ini. Mereka diharapkan dapat berkiprah untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan beberapa masalah di bidang sosial ekonomi yang masih membelit bangsa ini. Beberapa masalah kompleks, seperti angka tingkat pengangguran yang masih tinggi, dan berimbas pada angka tingkat kemiskinan. Itulah dua dari banyak masalah yang harus dihadapi pemerintah atas dukungan seluruh rakyat Indonesia.

sby berharap pengusaha muda terus tumbuh


SBY mendukung para pengusaha muda

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang tahun ini sudah lengser, di beberapa kesempatan berbicara tentang Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK). Beliau berharap jumlah pengusaha muda yang bergerak di sektor Usaha Kecil Menengah di Indonesia terus tumbuh. Menurut beliau, wirausahawan muda ini akan menjadi pilar ekonomi bangsa dalam persaingan global.

SBY mengatakan potensi bisnis yang bisa dikembangkan oleh wirausaha muda di sektor UKM sangat terbuka luas, seperti kuliner, teknologi informasi, dan industri kreatif. Menurut SBY, ekonomi Indonesia saat ini masih bisa tumbuh cukup tinggi di tengah kondisi ekonomi dunia yang tidak bersahabat.

Menurut SBY, industri kreatif yang sangat bersentuhan dengan para talenta muda berbakat, dapat menjadi sektor bisnis yang membanggakan. SBY juga berharap industri kreatif dapat dijalankan oleh pengusaha-pengusaha muda di bidang UMKMK. Dengan demikian, industri ini dapat memberikan sumbangsih kepada negara.

Menuju ke perubahan yang lebih baik

Sebuah perubahan yang progresif, atau menuju ke arah yang lebih baik sangat diinginkan oleh semua orang. Tak terkecuali para pengusaha muda di bidang UMKMK. Mereka pasti menginginkan ada perubahan yang signifikan kepada bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, dengan digulirkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari pemerintah, diharapkan dapat membantu proses percepatan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan perubahan yang terjadi, diharapkan makin banyak penduduk Indonesia yang bisa dientaskan dari kondisi kemiskinan yang sudah lema membelit mereka.

Perlu Anda ketahui bahwa kelas menengah di Indonesia saat ini sudah mencapai 50 juta orang. Selanjutnya, diprediksi kelas menengah akan terus tumbuh dan menjadi 100 juta orang pada 2030. Selain itu, hingga akhir 2013 kredit usaha rakyat yang sudah dikucurkan pemerintah mencapai Rp 137 triliun untuk 10,42 juta debitur. Angka itu diprediksi bakal meningkat karena Indonesia menargetkan menciptakan 2 persen wirausaha dari total jumlah penduduk di Indonesia sesuai target penyerapan dana KUR.

Dengan terus digulirkan semangat kemandirian dan berwirausaha pada diri kawula muda bangsa ini, Indonesia akan mengalami perubahan yang progresif terutama di bidang sosial ekonomi. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat Indonesia yang sudah banyak didengung-dengungkan SBY akan segera tercapai.